2011/11/07

Abstrak


Sesuatu yang wujudnya dapat terlihat dengan jelas namun sulit dimengerti biasa di sebut sebagai benda abstrak. Abstrak, tidak jelas adalah ‘sesuatu’ yang paling tak disukai kaum hawa. Wanita selalu menginginkan ketegasan, kejelasan, dan kepastian untuk apa yang akan dijalani kedepannya. Bagaimanapun sulitnya mencapai impian, kejelasan memberikan kekuatan tersendiri bagi wanita untuk selalu teguh menggenggam kesepakatan dengan cara yang telah disepakati pula.

Berbicara tentang abstrak, aku jadi teringat lukisan abstrak yang dilukis oleh anak SD di perayaan hari anak se-cangkringan. Aku menjadi salah satu panitia di lomba melukis layangan tingkat SD, yaaa itu menjadi salah satu program KKN klaster soshum. Ada satu lukisan yang cukup menarik, lukisan itu jika dilihat sepintas seperti goresan tangan anak yang ngambek karena dipaksa melukis. Saat dilakukan penjurian, dari tiga juri yang disediakan, salah satu juri tergelitik untuk mengetahui maksud dari lukisan abstrak itu. Dipanggillah si ade kecil yang melukisnya. Namanya indra, anak kelas empat SD. Saat ditanya apa maksud dari lukisan itu, dia memberikan jawaban yang sungguh mengagetkan.

‘itu adalah suasana desaku saat bencana letusan gunung merapi kemaren, semuanya gelap, berantakan dan mengerikan, rumahku rusak jadi tak ada yang bagus untuk digambar’

Setelah diamati dengan cermat ternyata memang benar, lukisan itu terlihat sangat menyedihkan dan menakutkan.  Ditengah goresan hitam yang begitu kacau terdapat gambar yang berbentuk rumah tak beratap dan berpintu, rumah itu terlihat rusak dan habis terbakar. Selain itu, sapi digambarkan hanya tinggal kepala dengan kerangkanya, mengerikan. Ternyata itu yang kini masih terngiang dalam benak adik kecil itu, ketakutan yang ia tuangkan dalam lukisan.

Keterangan yang diberikan oleh dik andri membuat hal yang awalnya bernilai abstrak menjadi jelas, bahkan menurutku memiliki makna yang luar biasa. Tak banyak anak seumuran dia yang dapat menjadi pelukis abstrak dengan makna yang luar biasa dalamnya. Kejelasan itu akhirnya membawa lukisannya menjadi salah satu pemenang. Meskipun bukan menjadi juara satu, namun lukisan dan maknanya yang mendalam membuat sang juri ingin menyimpan lukisan tersebut.

Begitulah, kejelasan membuat semuanya jauh lebih baik. Mungkin membawa pada langkah yang lebih tepat dalam bersikap. Tapi menurutku, abstrak tak selamanya menyebalkan, abstrak yang memiliki makna mendalam dan menyentuh pasti akan sulit dilupakan. Emm tapi emank tetap harus tau maksudnya dulu siih ,,,J
Berarti, tesisnya, kejelasan penting ^^.

(tulisan Geje)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar